Rabu, 03 Mei 2017

Bedah Makna Logo Perusahaan Eighty20




Logo dan Brand (merek) adalah suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan. Keduanya berfungsi sebagai identitas yang mereprentasikan citra sebuah perusahaan dimata konsumen. Kali ini di Desain studio, kita akan membahas mengenai pengertian dan perbedaan dari keduanya. Pembaca juga bisa sharing untuk memberikan kontribusi dan masukan positif guna menambah pengetahuan kita bersama dalam memahami logo dan brand serta aplikasinya pada sebuah perusahaan.






Logo

Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.

Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.
Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo.

Brand

Sama halnya dengan logo, Brand (merek) berfungsi sebagai identitas suatu perusahaan atau organisasi. Namun brand tidak hanya digambarkan dalam sebuah simbol (seperti logo), brand bersifat menyeluruh. Brand bisa berupa Nama, simbol/logo, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.

Sebuah brand yang baik diciptakan dengan menggulangi penggunaan unsur-unsur tersebut secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan. Kita mengenal slogan "just do it" sebagai salah satu bagian dari branding Nike. Nike konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi baik dalam media cetak maupun iklan televisi. Konsistensi tersebut lambat laun menggugah ingatan konsumen terhadap produk Nike yang secara perlahan akan berujung membentuk prilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi.


Membedah Filosofi Logo Eighty20




Eighty-20 adalah sebuah perusahaan konsultan kecil yang memiliki model keuangan yang canggih, serta beberapa pekerjaan database yang solid. Semua pekerjaan mereka sangat kuantitatif dan bergantung pada beberapa daya komputasi yang serius, dan logo tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan itu.

Orang pertama menduga bahwa 20% dari kotak yang gelap, tapi itu ternyata palsu setelah menghitung mereka. Caranya adalah dengan melihat kotak gelap 1 dan kotak cahaya sebagai 0. Lalu pada baris atas membaca 1010000 dan 0010100 pada baris bawah, yang mewakili 80 dan 20 dalam biner.

Agak seperti layar hijau surreal dari The Matrix, mereka ingin kita untuk membaca hal-hal dalam biner.


Pada pandangan pertama, Anda mungkin berpikir bahwa logo data ini perusahaan hanya terdiri dari kotak acak disusun menjadi 2 baris. Bahkan, kotak adalah kode biner yang benar-benar dengan bagian atas menjadi 1010000 dan bagian bawah menjadi 0.010.100.


Kode biner membentuk angka 80 dan 20. Ketika mengumpulkan mereka membentuk nama perusahaan. Anda mendapatkan poin pecandu tambahan jika Anda berhasil mencari tahu tanpa bantuan penjelasan ini. 


Dan jika ditilik berdasarkan makna warna, biru melambangkan unity (kesatuan) yang menyimbolkan angka satu pada bilangan biner sementara warna gelap seperti abu-abu melambangkan ruang kosong dalam perspektif warna yang mendetail sehingga menyiratkan makna angka 0 untuk bilangan biner.

Baris 1 : Biru-abu abu-biru-abu abu,abu abu,abu abu, abu abu. (EIGHTY)


Baris 2 : abu abu, abu abu-biru-abu abu-biru-abu abu,abu abu. (TWELVE)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Further Contact