Rabu, 29 Maret 2017

TEKNIK, PRINSIP, DAN SEMUA TENTANG ANIMASI


Animasi adalah suatu proses dalam menciptakan efek gerakan atau perubahan dalam jangka waktu tertentu, dapat juga berupa perubahan warna dari suatu objek dalan jangka waktu tertentu dan bisa juga dikatakan berupa perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lainnya dalam jangka waktu tertentu.
Secara garis besar animasi adalah suatu tampilan menarik, grafis statis maupun dinamis, yang disebabkan oleh perubahan tiap frame (frame by frame), perubahan posisi bergerak (motion tween) maupun perubahan bentuk diikuti pergerakan (motion shape).


Teknik-teknik dalam Animasi

Terdapat dua teknik animasi yaitu teknik frame by frame animation dan teknik tweened animation :

1. Teknik frame by frame animation

Teknik frame by frame animation adalah teknik animasi yang dilakukan dengan bentuk gambar yang menjadikan gambar tersebut berbeda di setiap frame. Teknik ini memiliki beberapa kelemahan, yaitu (Bustaman, 2001:33):
  1. Membuat file akan menjadi lebih besar
  2. Akan menggunakan banyak waktu jika membuat image yang berbeda dalam setiap keyframe.


2. Teknik tweened animation

Teknik tweened animation yaitu teknik animasi dimana dalam proses animasi dilakukan dengan menentukan posisi frame awal dan frame akhir, kemudian mengerjakan animasi frame-frame sisanya yang berada diantara posisi awal dan akhir frame tersebut. Teknik tweened animation memiliki beberapa kelebihan, yaitu (Bustaman, 2001:34:
  1. Mempersingkat dan meminimkan waktu kerja
  2. Mengurangi ukuran file karena setiap isi dalam frame tidak perlu disimpan.



Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:

1.    Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan .Tehnik stop-motion animation merupakan animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan  dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks,  merupakan  salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.


2.    Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu persatu di atas cel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.

3.    Animasi Komputer
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan  “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Perkembangan teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.

Ada beberapa perusahaan studio yang bergerak dalam pembuatan dan produksi film animasi di dunia. Beberapa di antaranya mampu populer berkat kualitas film-film yang dihasilkan yang mampu populer dan menjadi film box office di seluruh bioskop dunia. Kesuksesan film animasi yang diproduksi memang mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit bagi studio animasi yang bersangkutan.

1. Walt Disney Animation Studios

Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Walt Disney tentu saja menjadi studio animasi paling berpengaruh sepanjang masa. Film-film produksi Disney sudah tidak ragukan lagi kualitasnya. Disney juga menjadi salah satu perusahaan film animasi tertua di dunia, dan sudah ada sejak tahun 1921 setelah didirkan oleh pendirinya, Walt Disney


2. Pixar 

Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

Pixar Animation Studios atau biasa disebut Pixar merupakan studio animasi terpopuler di dunia. Pertama dibentuk pada tahun 1979, Pixar kemudian berkembang menjadi salah satu studio animasi terbaik. Saat ini saham mayoritas dimiliki oleh perusahaan Walt Disney Company. Pixar merupakan studio yang menghasilkan film-film animasi 3D komputer dengan kualitas grafis dan gambar yang halus dan bagus. Pembuatan film animasi menggunakan teknik CGI dan program-program canggih di bidang animasi sehingga kualitas film animasinya bisa dibilang yang nomer satu.


3. DreamWorks

Daftar 3 Studio Animasi Terpopuler di Dunia

DreamWorks adalah studio animasi Amerika yang populer. DreamWorks banyak menghasilkan film-film animasi, program televisi dan juga virtual online. Dengan total 26 film animasi yang dirilis, Dreamworks menjadi salah satu studio animasi terproduktif dan konsisten merilis film animasi yang bagus. 










Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

3 komentar:

Further Contact