Jumat, 06 Mei 2016

V-CIM SANG TEROBOSAN BARU DALAM KUALITAS PELAYANAN DAN SISTEM INFORMASI


          Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan dunia teknologi yang semakin maju dan  pesat sangat membantu bagi manusia dalam pekerjaannya dan  juga bagi perkembangan dunia usaha. 
 Pada teknologi komputerisasi yang semakin luas cakupannya ini didukung pula dengan komputer yang  dapat menggantikan atau mempermudah pekerjaan manusia dalam aktivitas kesehariannya. Dengan  cara kerjanya yang jauh lebih cepat sehingga waktu yang digunakan pun semakin efisien.
Indonesia sebagai salah satu negara yang sedang berkembang baik dari segi perekonomiannya haruslah memiliki    suatu terobosan baru dalam hal pemasaran atau penjualan produk – produknya.

CVIM menjadi sejarah dalam sistem ticketing KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line Jabodetabek. Dulu tiket KRL masih berupa secarik kertas, kemudian sekarang telah digantikan berupa kartu e-ticketing. Dulu orang beli mengantri di loket, kini sudah bisa dilayani melalui Vending Machine.  Penerapan teknologi untuk peningkatan pelayanan kepada pengguna KRL terus dilakukan PT KAI  Commuter   Jabodetabek (KCJ). 
Dalam layanan e-ticketing, KCJ kini sudah mulai menerapkan penggunaan mesin penjualan tiket yang diberi nama   Commuter Vending Machine (CVIM) dengan layar sentuh. Dalam pengoperasiannya, VCIM dilengkapi 2 pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sehingga memudahkan bagi pengguna jasa  lokal maupun asing. Dengan hadirnya C-VIM, loket konvensional di stasiun-stasiun prioritas nantinya akan ditiadakan karena fungsinya sudah digantikan dengan mesin tiket.  Sebab dengan CVIM sudah bisa untuk melayani sales (pembelian baru tiket sekali jalan)/ Tiket Harian Berjaminan (THB), resales THB, refund tiket THB, maupun top up (isi ulang) Kartu Multi Trip (KMT) bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui mesin pintar transaksi tiket KRL ini. 
Namun perlu diperhatikan oleh pengguna KRL, CVIM untuk layanan KMT hanya bisa menerima pecahan uang kertas Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp 50.000 dan Rp 100.000. Sedangkan untuk  layanan THB terdapat 2 layanan yaitu pecahan uang kertas Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, dan uang coin Rp 500 serta Rp 1.000. KCJ menargetkan hingga akhir 2016 akan terpasang sebanyak 150 unit C-VIM di stasiun-stasiun KRL. Hingga saat ini sudah ada 3 stasiun yang telah dipasang CVIM yaitu di Stasiun Jakarta Kota, Sudirman dan Pondok Cina. Di Stasiun Jakarta Kota, CVIM sudah bisa digunakan sejak tanggal 28 Desember 2015.
Tujuan dari pengaplikasian VCIM  ini adalah untuk merancang suatu aplikasi simulasi mesin penjual  otomatis (vending machine) yang berbasis web.

Manfaat dari VCIM ini adalah :
1.  Mempermudah kita untuk memahami lebih jauh tentang suatu simulasi penjual tiket otomatis.
2.   Untuk membantu pemahaman kita  mengenai proses kerja mesin penjual otomatis (vending machine).
3.     Untuk mempermudah konsumen atau user dalam pembelian tiket kereta api.





Cara beli THB baru:




















Sentuh menu “SALES” pada layar monitor CVM.





Pilih stasiun tujuan pada layar monitor CVM yang bergambar peta jalur & Stasiun KRL.








Masukkan uang pada slot yang telah tersedia sesuai biaya yang harus dibayarkan. Slot untuk  memasukkan uang coin dan uang kertas berbeda, jangan keliru memasukkan. Uang yang dimasukkan  bisa sejumlah biaya yang ditampilkan di layar monitor. Bila uang yang dimasukkan lebih, akan ada sisa  pengembalian uang. Untuk transaksi Tiket THB, uang kertas yang dimasukkan maksimal nominal  pecahanRp 20.000,-.  Pecahan nominal Rp 50.000 dan Rp 100.000 hanya bisa digunakan untuk transaksi isi ulang KMT.

















Setelah transaksi berhasil, ambil tiket THB yang keluar dari dalam mesin CVM















Jangan lupa ambil uang kembalian bila ada





      Cara isi ulang / resales THB Baru :



 Masukkan tiket THB Anda ke slot bertuliskan "THB, Refund/Resales" pada mesin CVM



    Sentuh menu “RESALES” pada layar monitor CVM.
    Pilih stasiun tujuan pada layar monitor CVM yang bergambar peta jalur & Stasiun KRL.

Masukkan uang pada slot yang telah tersedia sesuai biaya yang harus dibayarkan.
Slot untuk memasukkan uang coin dan uang kertas berbeda, jangan keliru memasukkan.
Uang yang dimasukkan bisa sejumlah biaya yang ditampilkan di layar monitor. 
Bila uang yang dimasukkan lebih, akan ada sisa pengembalian uang.

Setelah transaksi berhasil, ambil tiket THB yang keluar dari slot pada awal memasukkan kartu
THB di mesin CVM. Jangan lupa ambil uang kembalian bila ada.


Cara Refund Jaminan THB :






















1. Masukkan tiket THB Anda ke slot bertuliskan "THB, Refund/Resales" pada mesin CVM.
2. Sentuh menu “REFUND” pada layar monitor CVM.
3. Di layar monitor akan muncul pertanyaan “Apakah Anda Ingin melakukan Refund?” Tekan YA untuk refund. Tunggu mesin memproses refund tiket THB Anda.
4. Setelah transaksi berhasil, ambil uang jaminan tiket THB Anda sebesar Rp 10.000,- dari slot bertuliskan “Ambil Uang Kembalian Anda”.

Mesin tiket KRL ini dapat menerima semua pecahan uang kertas. Namun untuk pembelian THB,  transaksi hanya melayani uang kertas dengan pecahan maksimal Rp 20.000. 
Penumpang yang membawa uang kertas pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000 akan langsung diberi  uang kertas dengan pecahan yang lebih kecil saat ia akan bertransaksi lewat mesin tersebut. 
Uang kertas pecahan pengganti ini disediakan petugas pendamping yang melayani penumpang yang  akan bertransaksi.

Uang kertas pecahan pengganti yang disediakan mulai Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan maksimal Rp 20.000.



Flowchart Simulasi C-VIM

Flowchart adalah sekumpulan simbol yang menunjukkan atau menggambarkan rangkaian kegiatan-kegiatan program dari awal hingga akhir, jadi flowchart juga digunakan untuk menggambarkan urutan  langkah-langkah pekerjaan di suatu algoritma. 

Berikut flowchart CViM :








v KESIMPULAN

CVIM merupakan terobosan PT. Kereta Api Indonesia guna meningkatkan  kualitas pelayanan dari aspek mutu serta kualitas sistem informasi yang mereka  punya dengan mengintegritaskan pada faktor faktor penting yang berkaitan dengan  pelanggan.
Manfaat dari CVIM ini dari segi kualitas pelayanan dan sistem informasi  menunjang kepuasan dan penilaian konsumen kepada pihak manajemen mereka yaitu  dengan mempermudah pelanggan untuk memahami lebih jauh tentang suatu simulasi   penjual tiket  otomatis, membantu pemahaman kita  mengenai proses kerja mesin  penjual otomatis(vending machine), serta mempermudah konsumen atau user dalam  pembelian tiket kereta api, dan pelayanan ini terbagi dalam tiga subsektor utama,  yakni:

1.  Membeli THB Baru, ini ditujukan kepada para pelanggan yang belum memiliki  kartu perjalanan kereta api sebelumnya, dan dapat memilih stasiun tujuan sesuai yang pelanggan inginkan.

2. Resales, ditujukan kepada para pelanggan yang sudah memiliki kartu  perjalanan kereta api sebelumnya, dan dapat memilih kembali stasiun tujuan  selanjutnya sesuai yang pelanggan inginkan.


3. Refund, ditujukan kepada para pelanggan yang ingin menukarkan dana jaminan THB perjalanan kereta api sesuai dengan ketentuan yang berlaku.



Nama Kelompok :
  • Dewi Utari Agustina
  • Favian R.A
  • Maghfira Maulani
  • Maulinda
  • Muhamad Ilham
  • Muhammad Fahmi Pangestu (Writter)
  • Muhammad Rochim
  • Muhhamad Faizal Azhar
  • Novaldy Prasetyo
  • Viky Ferdiansyah

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 komentar:

Further Contact